Kisah Hadis Menuntut Ilmu Hingga Negeri Cina


Ada sebuah hadis yang mengatakan " Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina " ada apa sebenarnya di negeri tirai bambu itu hingga kita harus jauh-jauh menuntut ilmu kesana ? tetapi titah itu bukan sembarangan adanya titah yang konon keluar dari perkataan Nabi Muhammad SAW meskipun terlihat lemah sangat kental dengan awal peradaban umat manusia di dunia.

Kenapa Cina ? Ternyata guys Cina adalah negara yang memang memiliki peradaban manusia tertua lebih dulu memiliki kebudayaan dan kemajuan dibanding negara-negara lainnya di dunia. Jauh sebelum berkembangnya ajaran Islam Cina sudah memiliki peradaban tinggi dan sangat pandai.

Tak bisa dipungkiri umat Islam kala itu banyak menyerap ilmu pengetahuan yang berasal dari negeri itu. Beberapa contok kemajuan yang dicapai pada masa itu adalah ilmu ketabiban, Kertas hingga membuat bubuk mesiu kehebatan nya sudah terdengar kepenjuru dunia sebelum 500 M.

Bahkan masyarakat eropa yang katanya saat ini mengaku masyarakat paling maju, ternyata saat itu paling tertinggal peradabanya, dimana Cina sudah mengunakan alat tukar berbentuk uang kertas. Justru masyarakat eropa masih menggunakan alat tukar dengan emas, perak dan perunggu seperti yang dilkatakan Marcopolo dalam pelayarannya " dia tercengang disaat masyarakat eropa dan belahan dunia lain menggunakan emas. perunggu dan perak cina sudah menggunakan kertas dalam hal jual beli hingga akhirnya dia menyelidiki cara membuatnya.

Nah itu makanya kenapa Sang Nabi menyarankan kita harus menuntut ilmu sampai kenegeri Cina guys... mudah-mudahan apa yang kita harapkan dalam menuntut ilmu untuk kemajuan dan cita-cita kita dapat diraih dengan mudah dan dapat singgah ke negeri panda tersebut untuk menuntut ilmu lebih dalam lagi.

Related Posts: