Kebiasaan Orang Indonesia Yang Patut Di Acungi Jempol Dalam Menyambut Bulan Puasa

Berbicara kebudayaan Indonesia adalah negara yang punya kebudayaan sangat tinggi dan tak terhitung jenis nya. Akan tetapi di negara ini pulalah kebiasaan-kebiasaan lain lahir bahkan dijadikan kebudayaan, ada beberapa kebiasaan masyarakat yang patut di acungi jempol dalam menyambut bulan penuh berkah di Indonesia diantaranya :

1. Cucurak/ Makan Bersama Keluarga, Teman dan Kerabat


Kalau kita amati diberbagai media sosial masyarakat dinegara kita satu minggu sebelum puasa tiba mereka memposting foto tentang cucurak atau makan bersama keluarga, teman, kerabat nya berbagai masakan dihidangkan disana. Saling berbagi makanan yang di dalamnya terkandung nilai silaturahmi ini patut ditiru dan di acungi jempol.

2. Nyorog/ Mendatangi Sanak Famili Menbawa Makanan


Nyorog atau mendatangi sanak famili dan kerabat juga menjadi bagian dari kebiasaan yang sudah tertanam di sebagian masyarakat kita. Hebatnya selain mereka bersilaturahmi untuk saling memaafkan tak ketinggalan membawa jingjingan yang biasanya berisi olahan makanan matang. " Belum puasa aja udah berbagi... " patut di acungi jempol kebanyakan orang kita memiliki sosial yang tinggi.

3. Nyekar/ Jiarah kubur 


Nyekar atau biasa dibilang jiarah kubur kesanak famili dan kerabat bahkan mendatangi makam para sesepuh dan para kiyai menjadi kebiasaan yang wajib buat masyarakat kita. Disana mereka biasanya berdoa kepada sang maha pencipta Allah SWT agar dosa-dosa ahli kubur dan keluarga yang ditinggalkannya diampuni. Pasalnya di bulan puasa para arwah yang sudah meninggal terbebas dari siksa kubur " riwayat hadist" untuk yang meninggal aja masih silaturahmi patut di acungi jempol lagi.

4. Hatam Al-Quran Bersama-sama


Kegembiraan dan kebahagiaan umat muslim di Indonesia dalam menyambut bulan puasa di aplikasikan dengan berbagai macam cara diantaranya ada sebagian masyarakat sebelum memasuki bulan suci ramadhan mereka wajib menghatamkan Al-Quran bersama-sama dengan keluarga dan kerabatnya. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan dalam satu hari dengan membagi surah-surah al-quran agar cepat selesai. Subhanallah patut di acungi jempol lagi saudara-saudara.

5. Mudik/ Pulang Kampung Menemui Orang Tua


Mudik atau biasa orang menyebut pulang kampung menemui orang tua atau yang di sayangi menjadi kebiasaan yang sangat wajib di Indonesia tercinta ini, itu dikarenakan masyarakat kita hampir 70 % berada di luar wilayah tanah kelahirannya sendiri atau merantau di kota (masyarakat Urban). Sangat tidak diragukan lagi bahwa jiwa sosial dan kepatuhan terhadap orang yang lebih tua bagi masyarakat kita sudah tidak bisa ditawar lagi, lebih-lebih apapun halangan dan rintangannya mereka akan hadapi untuk bisa bertemu orang tua dan sampai di kampung halaman tercinta.

Related Posts: