Optimalisasi Seluruh Otak Dengan Mind Map

gambar : www.mindtools.com

Hi, Sob kali ini kita akan membahas tentang otak manusia dan manfaatnya bagi kita semua dengan cara Mind Map. Ok mungkin dari kalian belum tau apa itu Mind Map ?

Mind Map atau biasa disebut peta pikiran adalah teknik yang berupa skema atau gambar untuk mencurahkan segala yang kita pikirkan atau yang ada di otak kita. Mind Map telah digunakan lebih dari 40 tahun di hampir seluruh dunia.

Penemunya adalah Tony Buzan, seorang ahli dalam masalah otak. Latar belakang pendidikan Buzan adalah psikologi. Pertama kali Mind Map diterapkan untuk para siswa dan mahasiswa, kemudian mendapatkan respon yang sangat bagus dan cepat meluas. Mind Map dapat digunakan di hampir semua bidang kehidupan, mulai dari bidang pendidikan, pengembangan pribadi dan bisnis. Ia merupakan alat bantu dalam mengolah pikiran dan kreatifitas, sehingga bekerja dan belajar menjadi lebih efektif.

Untuk apa saja Mind Map ?

Pada dasarnya Mind Map dapat membantu kita dalam mencurahkan semua yang ada di pikiran dan otak kita, misalnya sebagai :

1. Alat untuk mencatat, pengganti alat mencatat tradisional

2. Alat komunikasi yang efektif, sehingga seluruh yang kita pikirkan akan bisa tercurahkan. DenganMind Map segala yang ada di pikiran kita bisa mengalir deras dan tertuang di atas kertas, laksana menuangkan air ke dalam gelas.

3. Alat untuk mengungkap ide-ide yang luar biasa menyenangkan dan hebat

4. Alat untuk mengungkap pemikiran dalam berbagai bidang dan beragam aktivitas mulai dari cara menyelesaikan masalah yang rumit, menangani berjubelnya informasi, membuat rencana, mengubah cara kerja atau belajar, meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta membantu pembelajaran seumur hidup.


Sumber : www.tonybuzan.com
                 www.insanmadani.com

Related Posts: