Makan Diluar, Lebih Kepada Membeli Suasana Dari Pada Makanannya Benar Kah ?


Budaya makan diluar rumah, biasa para remaja bilang hangout beberapa tahun belakangan ini sedang booming dikalangan masyarakat Indonesia. Terlebih dikalangan para remaja yang memang selalu mencari suasana menarik dan nyaman.

Hasil penelitian beberapa tahun kebelakang tim teoope.com sempat menelusuri beberapa tempat nongkrong pada rumah makan di wilayah Bogor kota dan sekitar Kota Cibinong bahwa pelanggan tetap rumah makan yang ada 80 % dari kalangan remaja dan berpasang-pasangan belum lagi yang memang khusus mengadakan acara lainnya seperti ulang tahun.

Selain itu hasil survei artikel mengenai tempat hangout di kota Bogor yang berada pada kolom teoope.com pun menunjukan peningkatan pengunjung (followers) sangat signifikan. Namun apa yang sebenarnya mereka cari di tempat makan yang memiliki tempat nyaman itu ? 

Tim survei teoope.com menanyakan 10 orang dari beberapa tempat hangout yang berbeda di Bogor, 8 diantaranya mengiyakan bahwa mereka memilih tempat makan bukan hanya ingin mengenyangkan perut tetapi lebih kepada membeli suasana yang di suguhkan para pengusaha kuliner tersebut.

Sebagian dari mereka juga bahkan mengatakan " kita datang ke sini (tempat makan) bahkan nggak beli makanan yang memang menjadi menu utama tetapi kita hanya memesan kopi panas, es krim hanya untuk menemani obrolan dengan teman-teman.

Fenomena ini tentunya sangat luar biasa dan sangat dimanfaatkan oleh para pengiat kuliner untuk mencari keuntungan yang maksimal dengan membuat tempat serupa serta pasilitas yang kekinian seperti, mendekorasi ruangan dengan jiwa muda, menambahkan jaringan internet free WiFi agar pengunjung betah dan menyebarkannya pada teman-teman yang lain, menyediakan taman yang indah serta lampu hiasnya agar romantis dan lain sebagainnya.

Positifnya 80 % dari mereka yang datang lebih memilih menu makanan khas Indonesia dibandingkan makanan yang kebarat-baratan, sudah pasti makanan Indonesia masih jadi primadona di negerinya sendiri. Pastinya bila ingin berbisnis kuliner cita rasa dari makanan yang disajikan menjadi kewajiban mutlak buat si pemiliknya karena itu akan menjadi penarik banyak pengunjung apalagi punya makanan khas dan unik berbeda dari saingan bisnis kuliner lainnya.  

Related Posts: