Cerpen : Belajar Ikhlas



Hay Nama ku Dahlia , tetapiku teman-temanku lebih sering memangilku Lia ,aku itu cewek imut,baik hati, dan suka sekali bernyanyi walaupun suara nya pas-pasan hehe. Aku kelas 2 SMK. Disini aku ingin bercerita tentang masa-masa putih abu-abu ,masa-masa yang kebanyakan orang bilang masa yang paling indah dan percintaan yang rumit hehe.


Senin 22 juli 2014 hari pertamaku masuk sekolah,hari pertamaku memakai seragam putih abu-abu, bertemu dengan teman-teman baru, suasana kelas baru ,dan semuanya serba baru. Tidak terasa sudah 1 bulan aku menjadi siswa smk , sudah mempunyai teman dekat yang asik, gokil,dan sifat nya bermacam-macam ada Salsa yang manja,Okta yang tukang galau, Lita yang sok bijak, Leya yang jutek,Talia yang bawel,Dan Citra yang selalu tersenyum dalam kondisi apapun hahah , bel istirahat pun terdengar

Okta : ”ehh ayuk dong cepet ke kantin gua udah laper bgt nih” 

Aku : “ iya bentar dong okta lu mah laper mulu “ 

Salsa : “ tau lo okta dasar perut karung” 

Lita : “ udah-udah ribut mulu ayok kekantin nanti keburu penuh“ 

Sesampainya di kantin aku dan teman-teman ku langsung memesan makanan yang ada di kantin itu,dan makan bersama-sama . dan bel pun berbunyi karna hari ini hari jumat kami tidak langung masuk kelas tetapi kita berkumpul di lapangan untuk mengikuti tausiyah/pengajian. Semua siswa siswi berkumpul semua dilapangan . Dan ada sesorang pria yang memakai peci dan sarung mencuri perhatiaan ku, aku baru kali ini melihat anak SMK serapih dia , sepertinya dia kaka kelas ku.

“Citra liat cowo itu deh yang pake peci siapa si ?” 

“oh yang itu, itu mah kaka kelas li,nama nya gusti , kenapa? Lu suka ya?” 

“oh kaka kelas ,engga Cuma nanya hehe “

Waktu pun terus berjalan,lama kelamaan aku mulai memikiran kaka kelas itu , aku gatau apa si ini maksud nya kepikiran dia mulu , keinget wajah nya terus. gak sengaja aku bertemu dia di jalan , aku senyum ke dia dan dia membalas senyumku ahhhhhh senang sekali rasanya .setiap kali kita ketemu kita selalu senyum-senyum gajelas gitu . Dan ka gusti ngeinvite ku di Bbm yaampun tau ga ini rasa nya apa , rasa nya tuh seneng banget seneng nya gabisa di ungkapin pake kata-kata heheh. Yaudah tanpa mikir lama aku langsung acc. Eh galama kemudian dia ngeping aku, yaampun seneng nya luar biasa .

“PING!!!” 

“iya?”kataku 

“lu ade kelas yang kalo ketemu suka senyum-senyum itu bukan si ?” 

“heheh iya ka,knp ya ka emng?” 

“gapapa, salam kenal yaa “ 

Dari situ kita berdua mulai deket, ka gusti sering Bbm aku , ngucapin selamat pagi , ngingetin makan , ngingetin sholat pokonya dia perhatian banget deh , aku seneng banget ,dan galama dia masang nama di status Bbm nya inisialnya D pake emot bunga , yaampun aku kecewa banget sama dia , dia jahat , yaudah aku Bbm aja dia aku tanya siapa inisia D itu .

“cie status nya D siapa ka? Pacar baru nya ya? Yaudah longlast ya kaa” 

“HAHAHAH emang lu gatau D itu siapa , dasar dahlia oon, D itu dahlia , aku sayang sama kamu pas kita pertama kali ketemu , pas kita senyum-senyum gajelas gitu , kamu mau ga jadi pacar aku? “

Bodoh nya aku , saking panik nya aku lupa nama aku depan nya D, disitu aku bingung mau jawab apa , aku juga sayang sama dia , yaudah akhirnya kita pacaran . kita jadian di tanggal 22 november 2014 . dan kejadian ini aku ceritakan ke teman dekat ku di sekolah, teman-teman ku medukung aku dan mereka ikut senang katanya . 

tidak terasa sudah sebulan aku dan gusti jadian, sebulan ini hubungan kami baik-baik saja tidak ada halangan apapun , gusti juga makin romantis,dan dia bilang aku bakal dijadiin masa depan nya, seneng banget, ahh gusti makin sayang sama dia deh pokonya mah . tapi aku kalo ketemu gusti suka malu malu gitu ga kaya waktu belum pacaran , aku juga gatau kenapa bisa kaya gitu , parah nya waktu itu di depan musholah ada gusti sama temen-temen nya dan aku sama temen-temen aku , aku di ledekin yaudah aku lari aja , trus di ketawain sama temen-temennya katanya lari aku kaya pororo, maluu banget deh disitu, aku kira gusti bakalan ilfil sama aku ternyata engga , dia malah bilang lucu larinya kaya pororo . 

Ga kerasa udah tanggal 22 dan ini kali ke dua aku dan gusti ngelewatin tanggal 22 bersama, dua bulan ini juga ga terlalu ada masalah di hubungan kita , tapi lama kelamaan aku denger , ada cewe lain yang deket sama gusti , yaampun kaget banget denger nya , tapi aku galangsung percaya gitu , aku nyari tau dulu siapa cewenya , ternyata bener gusti sering chatingan di bbm sama ade kelas nama nya Anggraeni . kesel lah yaa dengernya , mana ada si cewe yang rela cowo nya chataan sama cewe lain . yaudah aku Tanya langsung aja ke gustii nya . 

“kamu kenal sama Anggraeni?” 

“Kenal kenapa emang ?” 

“kamu deket sama dia yaa , sering chatan?” 

“Ga deket ko biasa aja , aku nganggepnya juga ade kakaan “ 

“emang kamu lupa dulu juga kita kaka adean” 

“yaudah aku minta maaf , aku salah aku gabakal chatan lagi sama dia deh “

Di situ aku coba percaya sama omongannya gusti, dan gakerasa udah 3 bulan hubungan aku sama gusti, kali ini beda dari bulan satu sama dua, bulan ke 3 ini gusti mulai berubah , jarang Bbm , jarang ngasih kabar , ilang-ilangan mulu deh ,makin bingung sama sifat nya gusti yang sekarang . kata temen aku kalo cowo udah kaya gitu tuh dia udah ada yang baru , dan lupa sama yang lama , sedih kaya ngerasa udah ga di anggap , udah ga di peduliin , udah dimasa bodoamatin, dan dia kaya ninggalin secara perlahan, aku mulai cari tau kenapa gusti berubah kaya gini , dan ada temen sekelasnya gusti ngasih tau aku kalo dia ngeliat gusti jalan berdua sama cewe itu, aku gatau kali ini harus percaya apa engga , yang jelas ini sakit dengernya . dan tiba-tiba gusti bbm kaya gini. 

“ maaf aku udah ganyaman sama hubungan ini , kamu terlalu baik , kamu gaasik,kaya nya kita cukup sampe disini sini aja deh “

Kaget bacanya gatau harus apa ,cuma pengen teriak di kuping nya segini aja perjuangan kamu , sumpah ya kamu jahat aku benci kamu . ini rasanya campur aduk, tau kan rasanya di tinggal pas lagi sayang-sayang nya , di tinggal dengan alesan yang sepele ,ditinggal karna aku terlalu baik , trus aku harus jadi orang jahat gitu biar ga di tinggal sama kamu? ditinggal gara-gara aku gaasik,sadar ko emang aku mah ga seasik cewe-cewe kamu itu. 

Pengen nyalahin siapa gitu kalo udah kaya gini , dimana si perasaan kamu? Gamikirin perasaan aku kaya gimana ya? Mana janji kamu yang mau jadiin aku masa depan kamu? Omongan itu ternyata Cuma omong kosong,bodoh ya terlalu sayang sama orang, apalagi sayang sama orang yang salah ,bodoh ya aku terlalu berharap banyak sama kamu , kecewa tapi mau gimana lagi.

Dan ini bulan keberapa aku belum bisa lupain gusti ,masih terus kepikiran gatau kenapa jadi gini, dan jadi takut buat buka hati untuk yang baru , entah apa yang aku rasaain sekarang yang jelas aku takut buat memulai dengan yang baru lagi, mungkin hati udah capek atau takut kejadian ini bakal terulang lagi, tapi lama kelamaan aku sadar kehilangan itu sifat nya pasti ,dan ada rencana lebih indah dibalik kesedihan yang mendalam. Tergantung kita ngadepinya , Allah itu adil , Ia memberikan kesedihan agar kita belajar artinya mengikhlaskan . dan itu akan di bales dengan kebahagian yag gaa akan pernah kita bayangin sebelumnya . sumber bahagia itu banyak,jadi kalo salah satu kebahagia mu hilang,masih ada banyak kebahagian yg bisa kamu cari. Roda terus berputar ada saat nya kita sedih dan ada saatya nya juga kita bahagia . Buatlah kebahagiaan yang bukan sesaat, bukan yang mudah datang dan pergi . cinta diiringi kebahagian membuat selamanya lebih indah dan cinta tau kemana dia harus pulang.

Karya : Nuraini Dahlia

Related Posts: