Kisah Tentang Revolusi Industri Dari Tahun 1700 Sampai 1900

www.duniaku.net
Revolusi Industri yang terjadi di wilayah Eropa berawal di Inggris  pada tahun 1740. Ini disebabkan beberapa hal diantaranya berlimpahnya tenaga kerja (pengangguran), banyak memiliki bahan mentah seperti batu bara, timah, biji besi dan wol yang tidak dikelola dengan baik serta yang paling hebat lagi mereka memiliki negara koloni yang dapat diambil bahan mentahnya dan dijadikan daerah pasaran produksinya.

Pada saat itu para bisnisman, Bankers dan para pedagang melakukan pembelian tanah besar-besaran serta membagun gedung-gedung bertingkat, membeli mesin-mesin untuk memperlancar kegiatan bisnisnya. 

Industrialisasi baik di Inggris maupun di daratan eropa dipengaruhi oleh teori Adam Smith (seorang Scot) yang mengajarkan adanya inovasi/ pembaharuan oleh pedagang dan pengrajin dan sangat menentang campur tangan pemerintah serta menghendaki perdagangan bebas sesuai ekonomi pasar.

Untuk keperluan Revolusi Industri dan karena pesatnya perkembangan Revolusi maka di Inggris terjadi kemajuan-kemajuan dan perubahan-perubahan seperti :

a. Dari industri rumahan berubah ke industri masal seperti pabrik dan mekanisasi
b. Batu bara dan baja menjadi bahan dasar industri
c. Dari cara menghasilkan barang utuh/jadi (generalisasi) menjadi penghasil bagian barang yang kemudian baru di assembling menjadi barang jadi (spesialisasi)
d. Dari pemintalan tradisional menjadi pabrik-pabrik tekstil yang serba mesin/besar/modern dan masal
e. Perubahan tehnik pertanian yang sangat ilmiah yang awalnya sangat tradisional

Semuanya itu tdak akan terjadi tanpa ada orang-orang atau tokoh-tokoh yang menjadi pelopor revolusi industri terbesar sepanjang sejarah dunia di eropa dan tokoh tersebut diantaranya :

1. Tahun 1733, KAY : Menciptakan kumparan terbang yang sangat mempercepat pemintalan
2. Tahun 1768, ARKWREIGHT : Menciptakan mesin pintal bertenaga air
3. Tahun1802, SUMMINGTON : menciptakan kapal api
4. Tahun 1814, GEORGE STEPHENSON : menciptakan lokomotif kereta

Dari tokoh-tokoh inilah kemudian revolusi industri menyebar keseluruh antero eropa lainnya ditambah benua Amerika, Asia dan Australia

Related Posts: