Seputar Masalah Atau Kelainan Menjelang Melahirkan


Di berbagai negara banyak terjadi kasus dalam persalinan/ melahirkan dan sangat membahayakan bagi sang ibu dan bayi yang dikandungnya. Untuk itu perlunya perhatian khusus bagi sang ibu dalam mengontrol kesehatan keduanya.

Gangguan dan kelainan seputar persalinan diantaranya :

1. Persalinan preterm

Adalah persalinan yang belum waktunya, saat usia kehamilan mencapai 20-37 minggu. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya persalinan preterm ini adalah :

a. Hipertensi
b. Perkembangan janin terlambat
c. Solusio plasentae
d. Plasenta previa (pusar melilit)
e. Kelainan Rhesus darah
f. Diabetes
g. Kontraksi dini karena faktor bawaan uterus, ketuban pecah terlalu dini
h. Kehamilan ganda

2. Persalinan lewat waktu

Persalinan yang melewati waktu 294 hari atau 42 minggu. Kelainan ini terjadi karena kuranggya cairan ketuban, ketidak normalan plasenta dan kerentanan terhadap strees

3. Plasenta Previa

Plasenta yang letaknya di bagian bawah uterus sehingga menghalangi jalan lahir. Penyebab kelainan ini belum begitu jelas, tetapi berkaitan dengan :

a. Kehamilan pertama usia tua
b. Bekas operasi sesar
c. Kelainan janin
d. Tumbuhnya mioma uteri
e. Bekas aborsi

Persalinan dengan kelainan seperti ini dapat dilakukan dengan operasi sesar

4. Distosia 

Kelambatan atau kesulitan persalinan, yang terjadi karena :

a. Tenaga dan kontraksi lemah ( biasa terjadi karena mioma uteri)
b. Kelainan letak atau bentuk janin
c. Kelainan pada jalan lahir

5. Inersia uteri

Kelainan ini terjadi karena lemahnya kontraksi yang tidak sebading dengan beban yang di tanggung. Tenaga tidak kuat untuk melakukan pembukaan servik untuk mendorong janin keluar. Ini sering terjadi pada ibu yang mengalami penyakit anemia dan karena emosi yang tidak stabil.

6.  Bayi sungsang

Janin terletak memanjang dengan kepala di fudus uteri (atas) dan pantat dibagian bawah kavum uteri (bawah) kelainan ini disebabkan karena :

a. Hidrosepalus
b. Panggul sempit
c. Kelainan bentuk uterus
d. Plasenta previa
e. Kehamilan ganda

7. Ketuban pecah terlalu dini

Pecah atau robeknya selaput ketuban yang di ikuti dengan mamancarnya cairan. Kejadian ini terjadi sebelum atau diawal munculnya tanda-tanda persalinan. apabila tidak segera ditangani maka akan mengancam nyawa janin. Peristiwa ini sering terjadi pada ibu yang mengalami infeksi alat kelamin, kehamilan preterm dan kelainan serviks.

8. Infeksi intrapartum

Infeksi yang terjadi pada saat persalinan yang terjadi karena keadaan ibu yang lemah, ketuban pecah terlalu dini, atau infeksi pada vagina.

Related Posts: