8 Hal Sederhana Harus Kamu Lakukan Sebagai Anak Agar Ortu Kamu Sayang Dan Bahagia


Orang tua adalah orang yang harus kita hormati dan kita jaga harkat serta martabatnya. Tanpa mereka kita bukan siapa-siapa terlebih seorang ibu yang telah mengandung kita selama sembilan bulan serta membimbing kita hingga dewasa. 

Ada riwayat hadist mengatakan " surga itu ada di telapak kaki ibu " tapi awas jangan salah mengartikan ya sobat mentang-mentang ditelapak kaki ibu kamu terus nyariin dimana surga itu berada di kaki ibumu. Mungkin yang maknanya adalah siapa anak yang memuliakan ibunya surga lah ganjarannya nah itu yang paling tepat.

Terkadang kita tidak menyadari akan pentingnya peranan orang tua, ibu yang mendidik serta membimbing kita lalu ayah yang susah payah membanting tulang untuk berjalannya kehidupan, malahan kita membuatnya kecewa dengan prilaku kita sehari-hari.

Nah oleh sebab jika kamu mau membalas kebaikan keduannya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan perhatian dan membahagiakan orang tua kita diantaranya :

1. Bagun di pagi hari

Banyak yang harus kamu lakukan jika bangun pagi terlebih kamu melaksanakan shalat shubuh terlebih dahulu lalu kamu bantu orang tua kamu membereskan pekerjaan rumah. Itu harus kamu kerjakan secara rutinitas setiap harinya lho sobat dan dijamin ortu kamu akan senang.

2. Berbicara yang sopan dan lembut

Dalam mengajak komunikasi dengan kedua orang tua kamu harus lemah lembut dan dengan bahasa yang sopan. dengan cara seperti itu kamu sudah mendapatkan pahala dan membuat suasana rumah menjadi indah seindah surga.

3. Berpamitan jika pergi

Nah yang paling sering lupa dan kelewat yang ini kamu jarang meminta ijin sama orang tua jika kamu akan berpergian dengan teman ataupn siapa saja. Itu bisa membuat kedua orang tuamu murka dan khawatir, apa lagi kamu pergi dengan waktu yang cukup lama dengan kekhawatirannya kamu telah berbuat dosa sobat

4. Menuruti nasihat mereka

hal yang paling tidak disukai sama anak sekarang kalau dilihat mereka gak pernah mau dengar nasihat orang tuannya. Coba kamu ikuti nasihat mereka karena nasihat mereka sangat bermanfaat bagi kamu sebab mereka lebih dulu hidup dan merasakan pahitnya kehidupan dunia.

5. Banggakanlah mereka

Banyak hal yang bisa bikin ortu kamu bangga dan sayang sama kamu. Belajarlah yang rajin agar nilai kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Apa lagi kamu dapat juara serta beasiswa dari sekolah ataupun universitas sudah pasti mereka akan bangga terhadap kamu 

6. Janganlah Banyak menuntut

Buat kamu yang merasa dalam kehidupanmu pas-pasan jangan pernah menuntut menginginkan apapun dari orang tua. Kadang ada sebagian anak banyak tuntutan terhadap orangtunnya minta dibelikan motor, HP, laptop bahkan uang jajan yang berlebihan padahal kondisi orang tua kamu sangat sederhana. Jadi sobat buktikan bahwa kamu mampu membantu orang tua mu 

7. Komunikasikan dengan mereka permasalahanmu

Jika kamu banyak masalah di sekolah ataupun di kampus bahkan di pekerjaan sekalipun ajaklah oranng tua mu berbicara. Mungkin mereka bisa memberikan solusi yang baik buat kamu jika kamu mau bicara mereka akan sangat senang mendengarnya.

8. Hiburlah mereka disaat sedih

Jka kamu mampu menghibur mereka dikala sedih itu lebih baik apa lagi kamu sudah mampu membelikan sesuatu yang mereka inginkan dan gak sanggup dibelinya so jangan lewatkan moment itu sobat.

Dari beberapa hal diatas sepatutnyalah kita sebagai seorang anak yang sudah mereka didik dan bimbing membalas semuanya dengan kebaikan materi maupun moril agar termasuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan menjadi penolong di akhirat nantinya, itu kata pak ustad dan memang harus seperti itu. So jaga orang tuamu sebaik mungkin.

Related Posts: